Recycle and Craft adalah sebuah project penyebaran semangat daur ulang yang berlokasi di Makassar.

Berangkat dari keresahan bahwa siklus konsumsi tidak seharusnya sekaku Beli – Pakai – Buang. Karena tiga tahapan ini terlalu menyedihkan untuk diteruskan. Keresahan ini kemudian menjadi tempat kami berpijak, landasan bagi Recycle and Craft untuk memulai perjalanannya sebagai sebuah solusi yang setiap prosesnya kami nikmati.

Karena Recycle and Craft percaya bahwa menyelamatkan bumi adalah tindakan, bukan hanya slogan.

Recycling memang tidak bisa sepenuhnya menyelesaikan masalah sampah yang bertumpuk. Bagaimanapun juga, pada akhirnya selalu akan ada yang dibuang. Tapi kami percaya, menunda proses itu tidaklah sia-sia. Sampah menjadi tidak berguna bukan karena itulah yang seharusnya terjadi. Melainkan karena kita kurang jeli melihat bentuk lainnya, yang tentu saja mungkin.

Lewat nama, Recycle and Craft sebenarnya sudah menjawab apa yang dikerjakannya, yaitu mendaur ulang dan berkerajinan tangan. Sesederhananya Recycle and Craft seperti itu, tapi di sini RnC akan jelaskan bagaimana “kesederhanaan” itu bekerja.
  • Bank Sampah
Mewujudkan solusi bagi keresahan Ekbess akan lingkungan tempat tinggalnya, maka project Bank Sampah dimulai. Dengan bantuan teman-teman yang sepakat akan keresahan akan adanya tempat pembuangan sampah liar di lingkungan rumah Ekbess, Recycle and Craft akhirnya dapat mewujudkan Bank Sampah.

Cara kerja Bank Sampah selengkapnya dapat di baca di sini.

  • Recycle and Craft Day
Alexander Supertramp di film Into the Wild berkata menjelang ajalnya di Magic Bus, “happiness only real when shared. Kami pelesetkan sedikit menjadi “ilmu itu berguna ketika dibagi”. Di RnC, ruang berbagi ini disebut Recycle and Craft Day.

Lewat Recycle and Craft Day, kami membuka kesempatan yang luas bagi siapa saja yang butuh difasilitasi untuk membuat kelas-kelas recycle maupun kelas craft. Di samping kami membuat kelas-kelas sendiri, yang tentu saja terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung. Dan Recycle and Craft Day ini berlaku untuk semua umur. Materi yang dipelajari di kelas-kelas ini, akan didiskusikan terlebih dahulu dengan pihak yang ingin menyelenggarakan. Jadi kalau kalian ingin memperlajari sesuatu yang bersifat daur ulang, dan craft, kalian bisa menghubungi kami.

Dengan senang hati Recycle and Craft akan berbagi.

  • Buy at RnC
RnC percaya bahwa kepedulian akan lingkungan bukan hanya milik mereka yang bergabung di lembaga atau komunitas-komunitas yang bergerak di bidang lingkungan. Kepedulian ini adalah milik semua orang, idealnya seperti itu. Tapi sebagian orang memiliki kendala untuk melakukan kegiatan daur ulang itu sendiri.

Dan karena kepedulian itu harus disebarkan, maka kami memutuskan untuk menjual produk-produk hasil daur ulang kami, sesuai pesanan. Agar mereka yang tidak sempat melakukannya sendiri, tetap bisa menunjukkan kepeduliannya, dengan mengurangi pemakaian barang-barang baru, dan menggunakan barang hasil daur ulang. Kepedulian ini tidak harus selalu ditunjukkan dengan melakukan semuanya sendiri, turut serta dalam kampanye dan gerakan-gerakan yang mendukung pun, bisa menjadi cara untuk menyelamatkan bumi.


×××

Singkatnya, tiga hal ini yang menyibukkan kami di Recycle and Craft. Bumi ini terlalu luas untuk dijangkau sepenuhnya, maka kami berharap melalui tiga hal kecil ini setidaknya tujuan Recycle and Craft bisa dicapai. Mungkin jangkauan kami masih terlalu kecil, tapi semoga usaha yang terlalu kecil ini bisa berarti. Proses recycling tidak lahir dari kami, RnC pun hanya menyambut ide besar ini dari mana saja, dan berusaha mengembalikan ide itu ke lingkungan sekitar. Sambil terus berharap, di luar sana orang-orang melakukan hal yang sama sebagai reaksi atas banyaknya cerita tidak menyenangkan tentang kerusakan lingkungan, atau ketidakseimbangan ekosistem.

Alam Semesta terus menerus memperbaharui dirinya, maka kita sebagai bagian kecilnya tidak seharusnya berbetah-betah pada sebuah sistem yang memaksa lingkungan untuk terus melebarkan tempat pembuangan sampah, bukannya mengefisiensikan cara kita menanganinya. Dan melalui Crafting, kreativitas yang dibutuhkan untuk menghadirkan bentuk-bentuk lain itu bekerja. Bagi kami, Recycling dan Crafting adalah dua hal yang bernafas seirama. Dua hal sederhana yang darinya kita dapat menghadirkan pembaharuan, meski tidak selalu datang dari hal-hal yang baru.

Break the cycle with recycle, mari meneruskan semangat ini sejauh mungkin, selama yang dibutuhkan!



Peluk Hangat,
Recycle and Craft

Tidak ada komentar:

Posting Komentar